Forum Komunikasi Kepala Madrasah (FKMM) Kabupaten Pelalawan, mengadakan lawatan silaturrahmi kepada Forum Komunikasi Kepala Madrasah Swasta (FKKMS) Kabupaten Kampar di Bangkinang

Sunday, 1 December 20190 komentar



Organisasi merupakan wadah untuk mengumpulkan ide dan gagasan yang sama untuk mencapai tujuan yang sama. Keberadaan organisasi perkumpulan sangat penting keberadaannya, apabali bagi madrasah swasta. Karena mayoritas Madrasah di seluruh Indonesia adalah Swasta, perbandingannya hanya 3 % Madrasah negeri dan Madrasah Swasta 97%.

Di kabupaten Pelalawan, untuk memperjuangkan kesejahteraan guru, maka dibentuklah Forum Komunikasi Kepala Madrasah yang beranggotakan Kepala Madrasah  mulai dari RA (Raudhatul Athfal), MI (Madrasah Ibtidaiyah), MTS (Madrasah Tsanawiyah),MA (Madrsah Aliyah), yang mana kegiataannya sudah dapat melakasanakan Kemah Madrasah, Diklat substanstif kepala madrasah dan kegiatan lainnya.

Sedangkan di kabupen kampar, yang mana kabupaten kampar ayah dari kabupaten Pelalawan, Forum Komunikasi Kepala Madrasah Swasta  pada tanggal 10 September 2019 baru terbentuk. Terkesan terlalu lambat, akan tetapi lebih baik di mulai, ketimbang belum sama sekali. Di kabupaten kampar FKKMS juga mewadahi Madrasah sebagaimana yang telah ada di Kabupaten Pelalawan.

Forum komunikasi kepala madrasah (FKKM) kabupaten pelalawan yang di ketuai oleh H.Muhammad Darwis, M.Pd melakukan lawatan silaturrahmi dengan forum komunikasi  kepala Madrasah Swasta (FKKMS) kabupaten Kampar yang bertempat di MTS Darul falah Salo, Bangkinang.H.Muhammad Darwis,M.Pd memboyong rombongannya sebanyak 18 orang. Dalam pertemuan itu juga di hadiri oleh Dr.H.Faizin, M.Pd selaku Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kabupaten Kampar, yang mana beliau memeliki hubungan emosional yang sangat dekat dengan kabupaten pelalawan.

Berbeda dengan FKKM Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Kampar memiliki forum untuk Kepala Madrasah Negeri yang beranggotakan 14 madrasah yang di ketuai oleh Drs.H.Afrizal,M.Pd, sedangkan khusus untuk Forum Komunikasi yang mewadahi Kepala Madrasah Swasta, juga memeliki  Forum yang diketuai oleh Syukron,S.Pd.I, kendatipun berbeda forum, juga memeliki tujuan yang sama ; yakni memudah kerja dari Kementerian Agama di kabupaten.

H.Muhammad Darwis, M.Pd selaku ketua FKKM membawa semangat untuk rekan-rekan pengurus FKKMS supaya mendukung terbentuknya Forum Komunikasi Kepala Madrasah Provinsi Riau. Karena tantangan kedepannya dengan kebijakan Pemerintah Provinsi Riau saat ini, mengadakan sekolah Gratis untuk SMA dan SMK. Maka dilema  bagi MA, apakah masuk disana MA yang dibawah Kementerian Agama yang tergabung dalam organasasi Vertikal atau nyaris diabaikan.

Semenjak adanya kebijakan pengelolaanya SMA,SMK di tarik ke Provinsi,  semenjak itu, tidak ada lagi bantuan untuk MA. yang biasanya, apapun bantuan yang diterima SMA dan SMK di kabupaten, juga didapatkan oleh MA.  Sekarang ini, MA nyaris diabaikan dan kebingungan akan posisinya.

Di akhir acara, Baik dari Forum komunikasi Kepala Madrasah (FKKM) Kabupaten Pelalawan, maupun dari Forum komunikasi Kepala Madrasah Swasta (FKKMS) Kabupaten Kampar, saling bertukar cendramata. H.Muhammad Darwis, M.Pd berharap supaya kedepannya hubungan antara kedua forum terjalin dengan baik, dan diharapkan pada hari Hari Amal Bakti Kementerian Agama yang dipusatkan di kabupaten Pelalawan, FKMMS supaya dapat melakukan kunjungan balik. Tentang maksud demikian, langsung di aminkan oleh ketua FKKMS Syukron, S.Pd.I.

Kepala MTs Darul falah salo, Leni Kusmiati,M.Pd dengan senang hati dapat menjamu para tamu, beliau merasakan sangat mendapat penghormatan sebagai tuan rumah, beliau berharap kepada seluruh pengurus dan Kepala Madrsah Swasta dapat berpartisipasi aktif dengan forum ini, karena forum ini sangat positif keberadaannya untuk kemajuan madrasah swasta (GT)

Share this article :
 
TEMPLATE AS-SALAM| Assalam - All Rights Reserved
Supported : ARNICK.BLOGSPOT.COM | Creating Website | NAJIH dan ARNICK Themes