Ribuan jamaah padati lapangan Madrasah Ponpes Assalam untuk mengikuti pelaksanaan Sholat Istisqo

Saturday, 21 September 20190 komentar



Ribuan jamaah padati lapangan Pondok Pesantren Assalam Naga Beralih, yang dihadiri oleh masyarakat Desa Naga Beralih, unsur pimpinan, karyawan,majlis guru beserta santriwan-santriwati untuk melaksanakan Sholat istisqo (sholat memohon diturunkan hujan).

Sudah menjadi kekhawatiran bersama tentang kondisi saat ini, sudah hampir 3 bulan,  belum turun hujan yang mengakibatkan tanam-tanaman yang menjadi layu, tanah mengering, sumur-sumur pada kering, kabut asap semakin pekat karena pihak-pihak tertentu mengambil keuntungan dari situasi saat ini, dengan terus merambah hutan dan lahan dengan membakar.

Pelaksanaan sholat istisqo yang jadwalkan pada pukul 08.00  yang diimami oleh buya H.Ismail,Lc.-Lulusan Al-azhar ini, yang juga imam Mesjid Muhajirin Air tiris- masyarakat sekitar sudah berdatangan pada pukul 07.00 Wib. Dengan penuh antusias masyarakat hadir dengan harapan, semoga Allah SWT mengabulkan hajat dan permintaannya. Sebelum pelaksanaan sholat, pimpinan menyampaikan ajakan kepada jamaah yang hadir untuk bertaubat kepada Allah SWT, karena pada hari ini sebagaimana yang kita lihat Provinsi Riau dilanda kabut asap dan kekeringan, semoga bencana ini menjadikan kita cepat tersadar dan mengambil pelajaran dari bencana ini. Pimpinan menyampaikan bahwa negara Ethiopia pernah di landa kemarau panjang selama 2 tahun, sehingga mengakibatkan kekeringan yang amat dahsyat. tanam-tanaman tidak bisa tumbuh, tejadi kelaparan dan banyak penduduknya yang mati kelaparan.


Buya fakhrudin.S.Ag yang bertindak sebagai khotib berpesan, ada tiga hal yang mesti dilakukan oleh umat manusia dijakalau ingin terlepas dari bencana yang terjadi pada saat ini :
1)    Fokus pada urusan akhirat : bahwanya kehidupan didunia hanya sementara saja, sementara kehidupan akhirat adalah kehidupan yang kekal, abadi. Datangkan cinta Allah SWT dengan mengutamakan kepentingan akhirat, melaksanakan ketaatan kepada Allah SWT.
2)    Memperbaiki bathin (hati) : siapa yang memperbaiki hati, maka Allah SWT akan memperbaiki zohirnya, maka perbaiki hati dengan sifat qonaah, tawadu’, ilmu.
3)    Tingkat kan hubungan dengan Allah SWT : perbaiki hubungan dengan Allah SWT dengan meningkatkan ketaatan kepada Allah SWT, hindari perbuatan maksiat.

Di akhir khutbahnya buya fakhrudin, S.Ag berdo’a semoga Allah SWT mengampuni dosa-dosa kita semua dan dosa sekalian kaum muslimin dan muslimat dan Allah SWT turunkan rahmatnya berupa hujan. Menjelang pelaksanaan sholat istisqo, panitia mengumpul infaq dan shodaqohnya, alhamdulillah terkumpul sejumlah Rp 7.35.000,-(GT).

Share this article :
 
TEMPLATE AS-SALAM| Assalam - All Rights Reserved
Supported : ARNICK.BLOGSPOT.COM | Creating Website | NAJIH dan ARNICK Themes