Perjuangkan Insentif, TPP;Forum Kepala Madrasah audiensi dengan Bupati,Kadis Pendidikan dan Kasi Pendidikan Madrasah

Tuesday, 8 October 20190 komentar


(Ponpes Assalam)-Pengurus Forum komunikasi kepala madrasah swasta kabupaten melakukan audiensi dengan kepala seksi Pendidikan madrasah Dr.H.Faizin,M.Pd, selaku pembina forum ini, yang pada hari ini (senen, 07 Oktober 2019) juga diagendakan akan melakukan audiensi dengan kepala Kantor kementerian agama kabupaten kampar Drs.H.Alfian,M.Ag. akan tetapi mantan Kepala Madrasah aliyah negeri kampar ini mendadak ke pekanbaru dalam rangka evaluasi haji.

Kepala Seksi pendidikan madrasah menyambut baik akan kehadiran forum ini, alumni S3 Universitas Islam Negeri SUSKA pekanbaru ini memberikan apresiasi yang sangat baik, beliau mengatakan ; semoga kehadiran forum ini dapat menjadi perpanjangan tangan seksi Pendidikan madrasah dalam membina madrasah di kabupaten kampar. Kasi Dr.H.Faizin,M.Pd mengakui bahwa madrasah swasta merupakan madrasah paling banyak di kabupaten, berjumlah 170 madrasah MI,MTs dan MA, 63 RA, sedangkan Madrasah Negeri hanya berjumlah 14 Madrasah, maka sangat di perlukan wadah untuk dapat menyatukan persepsi, pandangan untuk bekerja sama.


Ketua forum Syukron, S.Pd.I mengatakan; Pemasalahan madrasah sangat komplek sekali, maka perlu difikirkan secara bersama-sama, maka sinergitas antara negeri dan swasta dan seluruh komponen kementerian agama harus saling berjibaku dalam mencarikan solusi terhadap madrasah terutama guru-guru honor. Kepala Madrasah Aliyah alam panjang ini menegaskan bahwa kehadiran forum ini akan memperkuat kebijakan pendidikan madrasah kementerian agama, dan tidak akan mengganggu kerja KKM dan juga akan bekerjasama dengan forum kepala madrasah negeri untuk sama-sama memajukan madrasah di kabupaten kampar.

Di akhir dialog, kasi Pendidikan madrasah memberikan saran, supaya berkoordinasi dengan kepala kantor Kementerian Agama Kabupaten Kampar bapak Drs.H.Alfian,M.Ag. beliau menyampaikan bahwa hari rabu tanggal 09 oktober 2019, Kakan Kemenag kita akan ada di kantor, dan diharapkan kepada pengurus forum untuk dapat menyampaikan niat baik ini kepada beliau.

Setelah melakukan audiensi dengan kasi pendidikan Madrasah, pengurus forum melanjutkan audiensi dengan Bupati Kampar H.Catur Sugeng Susanto,SH beliau menerima pengurus forum di siang hari di kediaman pribadi beliau di desa Sibuak, bertepatan pula dengan makan siang, maka Politisi Golkar ini menjamu pengurus Forum dengan jamuan makan siang. Dengan sangat ramah dan akrab Bupati Kampar ini berseloroh dengan pengurus forum komunikasi kepala madrasah swasta kabupaten kampar.


Ketua forum Syukron,S.Pd.I beserta pengurus yang hadir menyampaikan nasib guru-guru honor yang ada di madrasah swasta di kabupaten kampar yang sangat memprihatinkan sekali. Sekarang ini kuota insentif guru-guru honor yang nyaris di kurangi dari tahun sebelumnya, untuk guru-guru honor di madrasah aliyah hanya kebagian 100 orang, sedangkan, kuota untuk guru-guru madrasah Tsanawiyah hanya kebagian 250 orang, sementara total seluruh guru-guru honor di kabupaten kampar berjumlah 2.302 orang, sehingga kuota 100 untuk tingkat aliyah, 250 untuk tingkat MTs di bagi persekolah, maka setiap sekolah hanya mendapatkan 2 sampai 3 orang.

Sementara TPP (tunjangan Perbaikan penghasilan) bagi guru-guru PNS di kementrian agama pada tingkat aliyah sudah 3 tahun terakhir tidak lagi diterima, semenjak tahun 2017, sedangkan pada tingkat Tsanawiyah tidak lagi menerima TPP pada tahun 2019. Maka syukron memohon kepada Bapak Bupati Kampar, sebagai masyarakat kabupaten kampar yang mempunyai tanggung jawab yang sama dengan guru-guru di Dinas pendidikan, untuk diperlakukan sama dengan guru-guru PNS Dinas Pendidikan, karena di Dinas pendidikan mendapatkan TPP sebesar Rp.1.100.000,- ,maka guru-guru PNS di Kementerian Agama menginginkan perlakukan yang sama.

Bapak bupati memahami dengan kondisi yang dialami baik oleh guru-guru honor di madrasah swasta maupun guru PNS di Kementerian Agama, Bupati kampar akan mengkaji regulasi tentang memberikan bantuan kepada organisasi vertikal seperti Kementerian Agama ini, kalau regulasi yang ada, Bupati menegaskan tidak ada alasan untuk tidak disamakan dengan PNS di Dinas pendidikan. yang penting ada regulasinya, syukron berjanji akan memberikan regulasi yang diinginkan Bupati Kampar dan selama ini PNS di Kementerian Agama Kabupaten Kampar sudah menerima TPP tersebut, cuman beberapa tahun belakangan ini hilang.

Bupati Kampar, Catur Sugeng Susanto,SH meminta kepada Forum untuk memberikan datanya yang akurat dan valid untuk dikaji dan akan dibuat estimasinya, Bupati meminta kepada forum untuk bersabar dan selalu mengingatkannya.

kepala Dinas Pendidikan Drs.M.Yasir,MM yang juga kebetulan ada agenda rapat dengan Bupati Kampar, seperti mendayung dua tiga pulau terlampaui, pucuk dicinta ulampun tiba, maka Bupati Kampar langsung mengkonfirmasi dengan Kepala Dinas Pendidikan, jawaban Kepala Dinaspun sama, akan mengkaji regulasinya dan kepala Dinas yang juga latar belakangnya sebagi guru dan juga mantan pengurus PGRI Kabupaten Kampar ini mengatakan; inilah yang di tunggu-tunggu selama ini, kami ingin data yang valid tentang guru-guru di Kementerian Agama ini, Kemaren sudah di cairkan dana untuk guru PDTA dengan jumlah Rp.500.00 per orang dengan estimasi biaya secara keseluruhan mencapai 20 milyar. Maka tahun sebenarnya ini direncakan bagi guru-guru honor madrasah akan dinaikkan intensif Rp.300.000,- menjadi Rp.500.000,- pungkas Bupati.(GT)


Share this article :
 
TEMPLATE AS-SALAM| Assalam - All Rights Reserved
Supported : ARNICK.BLOGSPOT.COM | Creating Website | NAJIH dan ARNICK Themes