Ponpes Assalam laksanakan Belajar jarak Jauh (Daring); laksanakan Himbauan pemerintah dalam pencegahan Pendemic Covid-19

Thursday, 26 March 20200 komentar




Pemerintah mengeluarkan surat edaran untuk memperpanjang masa darurat wabah Covid-19, hal itu membuat sekolah-sekolah termasuk pondok pesantren lumpuh total, karena pemerintah melarang secara tegas untuk berkumpul demi memutus mata rantai pendemi covid -19 yang membahayakan jiwa ini.

Di Indonesia pada hari ini terus bertambah pasien yang fositif mengidap covid-19 sudah mencapai 790 orang, yang meninggal mencapai 58 orang, sedangkan pasien yang dinyatakan sembuh 31orang. Untuk di provinsi Riau sendiri ODP sudah mencapai 2.439 orang, PDP 60 orang sedangkan yang fositif 1 orang.

Di kabupaten kampar memang belum di temukan adanya orang yang dinyatakan fositif covid-19, akan tetapi ODP meningkat tajam, mencapai 782 orang, sedangkan PDP tetap masih 1 orang, dengan melihat data tersebut, di kabupaten sendiri termasuk daerah yang masih terkendali penyebaran covid-19, akan tetapi pemerintahan setempat masih meliburkan sekolah-sekolah yang berada di wilayah kabupaten kampar bahkan juga perkantoran juga di liburkan dan work from home (bekerja dari rumah), hal ini dimaksudkan supaya dapat memutuskan mata rantai pandemic covid-19 dan dalam menjaga kewaspadaan.

Untuk menyikapi kondisi demikian, Gustrivoni kepala madrasah aliyah menindak lanjuti arahan pemerintah untuk melaksanakan belajar jarak jauh bagi santri atau disebut juga dengan belajar secara Daring dengan menggunakan fasilitas teknologi yang tersedia. Hal ini dimaksud supaya santri-santri yang berada di rumah tetap mengikuti pembelajaran meskipun dalam kondisi darurat seperti ini. Ada beberapa hal yang perlu disampaikan kepada orang tua santri supaya dapat diketahui dan dilakanakan kata Gustrivoni disela-sela memimpin rapat untuk mempersiapkan belajar jarak jauh (Daring) sebagaimana amanat yang disampaikan oleh pimpinan pondok Dr.Muhammad Amin,M.Pd

  1. Kepada orang tua/wali santri untuk senantiasa mengontrol santri untuk tidak  keluyuran dan tetap di rumah, menjaga social distancing, menghindari kerumunan masa, selalu mencuci tangan demi menjaga terjangkitnya oleh covid-19 yang melanda negeri kita saat ini.
  2. Untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh (Daring), pimpinan Pondok menginstruksikan kepada seluruh wali kelas untuk membuat group Whatsapp Orang tua santri pada masing-masing kelas, yang didalamnya ada guru mata pelajaran untuk menyampaikan materi-materi pembalajaran kepada santri.
  3. Guru mata pelajaran akan memberikan pembalajaran  kepada santri dengan motode : penugasan, membuat video tentang penjelasan materi, rangkuman tentang materi, video hafalan dan metode lainnya yang sesuai dengan minat, bakat dan mata pelajaran santri tersebut yang  juga memperhatikan aspek penunjang belajar yang tersedia.
  4. Guru mata pelajaran akan mengirim pembelajaran melalui group whatasapp orang tua pada masing-masing kelas 2 (dua) mata pelajaran setiap hari, akan di berikan pada pagi hari, kemudian di sore hari tugas tersebut akan di berikan kembali oleh orang tua melalui group whatsapp tersebut dan wali kelas akan melanjutkannya kepada guru mata pelajaran.
  5. Guru mata pelajaran akan melakukan tindak lanjutkan dari proses tersebut, juga terkait dengan penilian yang memungkinkan untuk dapat di lakukan.
  6. Masing-masing kelas dengan beban mata pelajaran yang berbeda akan di evaluasi dengan kepala sekolah sekali dalam 2 minggu secara online.
  7.  Informasi-informasinya lainnya dapat menghubungi wali kelas masing-masing kelas atau dapat mengunjugi website www:http/ponpesassaamanagaberalih.sch.id
Demikian hasil Rapat yang dilaksanakan pada hari rabu, tanggal 25 maret 2020 di ruang majlis guru dengan tetap memperhatikan Protap kesehatan yakni mencuci tangan, memakai masker dan menjaga social distancing (menjaga jarak) 1 meter.

Hal tersebut di sambut baik oleh seluruh Dewan Majlis Guru Pondok pesantren Assalam Naga Beralih,kecamatan kampar Utara, sebagaimana yang disampaikan oleh Irwan hasan, S.Si selaku guru Biologi yang sudah mempersiapkan jauh-jauh hari materi pembalajarannya dan akan memaksimalkan proses pembelajaran ini pungkasnya (GT)

Share this article :
 
TEMPLATE AS-SALAM| Assalam - All Rights Reserved
Supported : ARNICK.BLOGSPOT.COM | Creating Website | NAJIH dan ARNICK Themes